Selasa, 17 Oktober 2017

Serahkan pada Ahlinya

ANDA TAK PERLU MENGERJAKAN SEMUANYA JIKA INGIN BERHASIL

Well... banyak yang nanya ke saya,

" Mas rico, gimana cara manage waktu ya, saya lihat mas ngurusin pasukanalona.com iya, lapermaindonesia.co.id iya, dropshipaja.com iya,

kemudian bikin buku, ngajar temen2 pasukan alona, ngisi seminar, kok masih bisa update status dan lain - lain? "

Saya ga mengerjakan semuanya lah!

Masing - masing bidang sudah ada tim yang menggeluti bidang dan tugas mereka.

Seperti di lingkungan rumah, sudah ada Kepala Keluarga, RT, RW, Lurah, Camat, dibagian keamanan ada satpam komplek dan sebagainya.

Bayangkan, kalau ga ada mereka, apa bisa harmonis tuh lingkungan rumah? Belum tentu

Dalam bisnis juga seperti itu

Tugas owner itu fokus pada Future atau masa depan bisnis yang di jalankan.

Ingat, Owner yang sibuk banget sama pekerjaan teknis, tak akan bisa melihat peluang jika terlalu banyak pekerjaan..

Gimana mau mikir apa yang harus dikembangan dengan ide - ide liar, kalau masih ngurusin hal teknis

Gimana mau melihat peluang, wong tiap harus yang dilihat kerjaan di bisnisnya

Gimana ga mau bingung dan pusing sendiri, semuanya dikerjain sendiri dan ga ada yang bantuin

Percaya! Ga bakal konsen deh!

Apa sih yang harus dilakukan?
Delegasi

Saya pernah kok ngetes melepas bisnis selama 1 bulan, ternyata tetap jalan tuh karena sudah ada delegasi tugas ke tim.

Tetapi balik lagi, saya belum mau lepasin 100% karena masih belum cukup besar untuk ditinggalkan.

Lagipula, saat di tinggal 1 bulan, yang ada saya malah bosen karena ga ada aktivitas & ga produktif lagi.. haha

So, memang pada awalnya Anda harus bekerja sendirian, tapi lama - lama bentuklah TEAM sendiri !

Jangan lagi berpikir bahwa bisnis ini tidak bisa jalan tanpamu, percayakan orang lain agar mereka mendapatkan kesempatan darimu

Salah memang wajar, tapi kalau ga berbuat salah itulah kesalahan yang sebenarnya!

Buang jauh - jauh pemikiran tradisional, bahwa Anda harus stand by di toko setiap hari.

Ya kalo mau income nya segitu - segitu aja sih monggo, tapi kalau ingin berkembang lagi ya harus bikin team

Coba bayangkan kalau saya melakukan semuanya sendiri,

1. bikin website sendiri,
2. ngitung pengeluaran sendiri
2. ngitung pemasukan sendiri,
3. ngurus stok barang sendiri,
4. beli barang ke supplier sendiri,
5. ngurus returan barang sendiri,
6. jual barang ke konsumen sendiri,
7. produksi barang sendiri,
8. promosi sendiri...

laaaaah ! Yang ada cepet mati... ^_^

Lalu, bagaimana cara mencari orang yang tepat & kapan waktu yang tepat?

Mencari itu bisa dari saudara / teman sendiri.

Kalau waktu yang tepat, ketika sudah mulai kerepotan & penghasilan cukup untuk rekrut tim, juga ketika harus kerja siang malam untuk bisnis, itu harus delegasi ke orang lain agar ia yang mengerjakan

Kalau soal gaji?
Coba hitung berapa penghasilanmu sebulan, kalau cuma 500rb sebulan mau ada karyawan?

Ya jangan dulu.. bayar karyawan segitu situ gempor yang ada.. :p

Perlu pake akal sehat juga dong.. hehe

Kalau penghasilan sudah cukup buat gaji karyawan, baru gaji.. kalau masih ga cukup, kerja terus jadi superman sampai cukup

Lagi - lagi enaknya delegasi :

- saya udh ga ngepak barang
- laporan keuangan sudah ada tim yang menghitung
- promosi sudah berjalan
- barang rusak? Sudah ada yg ngurus
- produksi barang? Ada dong tim nya

Semua sudah di delegasi

Ingat, kalau saya bisa, Anda juga bisa

Yang penting fokus dan konsisten :)

Dah ah action dulu! Jangan kebanyakan nanya udah kayak tamu bengkel aja nanya mulu

Saya hanya bisa menunjukkan jalan yang tepat untuk Anda, sisanya Anda harus melangkah sendiri dengan usaha & kerja keras

Semua akan indah pada waktunya!

Share ya jika bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar